January 22, 2008

Feature2 sharepoint (server)

Feature2 yang ada di Sharepoint (Server atau Services)

Gw coba paparin sedikit ttg feature2 unik (menurut gw) yang ada di Sharepoint dech:

- Project Task: web part satu init uh fungsinya kayak microsoft project, jadi qt bisa taruh nama project yg in progress dan qt tau sampe sejau mana deadline itu akan dating. Yah sama lah kayak Microsoft project gitu, ada calendar trus dibwahanya ada bar2 gitu sebagai indicator dan dimasing2 item bisa ditambah info tentang current progressnya.

- List and libraries: nah ini juga agak unik, kenapa? Feature ini bener2 ngemudahin user untuk urusan ngedesign site dan arrange untuk isi dari site itu. Secara tujuan utama adalah collaboration, feature ini enak banget untuk dipakai.

Di library sendiri itu bisa banyak banget yang bs dibuat, dr document library, picture library, wiki(semacam Wikipedia gitu yg bs ngerelate antar dokumen), blog(huhu.. asik banget!!), report library, dsb!! Semua feature ini bisa otomatis dicreate oleh template atau bisa ditambahin secara manual oleh user.

- Discussion Board: nah feature ini bisa nambahin performa dari portal untuk berdiskusi, jadi ngebikin semacam forum gitu, lengkap dengan fungsinya untuk ngepost, comment, reply, yang semuanya OTOMATIS dicreate oleh software.

- KPI (Key Performance Indicator): Feature ini itu semacam sebuah parameter visual yang bisa dipake oleh company untuk monitor tentang berbagai macam hal. Semisal, manager keuangan mau ngeliat rasio keuntungan untuk blan tertentu, data2 yang dibutuhin bisa diimpor dari excel, SQL database, atau bahkan input manual! Dan nanti bisa qt atur untuk icon2 yg menunjukkan satu kondisi tertentu!

Huff..huff.gitu dulu aja deh, ini baru dikit banget yang bisa dipaparin soal feature Sharepoint!! CMIIW bener2 diharepin sama author! Regards.. Sono cosi grande!!

No comments: